Menyiapkan bekal anak-anak untuk menyambut masa depan cemerlang




Setiap anak yang terlahir di dunia merupakan Anugerah. Tetapi apakah kita sudah menjadi, orangtua yang penuh dengan anugerah untuk anak-anak kita. Tidak dapat dipungkiri, menjadi orangtua banyak hal yang harus dipersiapkan, baik itu fisik, materi, dan mental. Hak setiap anak yang terlahir, mendapatkan asah,asih,dan asuh dari kedua orangtuanya. Menyandang gelar sebagai orang tua, berarti harus siap menyandang gelar sebagai manusia pembelajar. Supaya kita menjadi orang tua yang penuh dengan anugerah untuk anak-anak. Bahkan sebelum anak-anak lahir, kita sudah sibuk menyiapkan semua hal, dan yang terpenting kita juga menyiapkan ilmu untuk mendidik anak-anak.


Masing-masing orang tua pasti punya gaya pengasuhan dan aturan yang berbeda-beda kepada anaknya. Tidak apa-apa berbeda, kita tidak perlu menghakimi gaya pengasuhan orang tua lain, karena tujuannya pasti sama untuk kebaikan anak-anak.
Tetapi saya yakin, dalam hal mengasah kognitif, dan kemampuan berbahasa anak, semua orang tua pasti mengupayakannya. 
Kemampuan berbahasa erat kaitannya dengan kecerdasan kognitif anak. Saya mengutip dari salah satu dokter spesialis anak, yaitu dr.Mesty "Banyak orang tua yang berlomba-lomba supaya anaknya cepat merangkak, jalan, dan berlari. Tetapi hanya sebagian orang tua yang tau bahwa justru kemampuan anak dalam berbicara berhubungan dengan perkembangan kognitifnya termasuk berhubungan dengan kecerdasannya."


Mengapa kemampuan kognitif, bisa sebegitu penting untuk anak-anak?.  Mengutip dari news universitas Airlangga, fungsi kognitif sangat penting dalam menjalankan kehidupan manusia, fungsi ini diperlukan manusia dalam kerja yang optimal agar dapat menjalankan pemecahan masalah kehidupan dan berfikir secara fleksibel dalam pengambilan keputusan terbaik.

Kemampuan kognitif berkaitan dengan kemampuan anak bersosialisasi, berfikir kritis, tidak mudah berputus asa, mampu memecahkan masalah, tidak mudah terdistraksi, dan cepat mempelajari bahasa baru. Tetapi perlu kita ingat juga sebagai orang tua, kalau antara satu anak dengan anak lainnya, memiliki keunggulan yang berbeda-beda, yang satu ahli musik, yang satunya ahli bahasa asing, dan type kecerdasan lainnya. Lalu bekal apa saja yang bisa kita berikan untuk meningkatkan kecerdasan anak.



1. Orang Tua yakin dengan kemampuan anak

Mengutip dari najeela shihab seorang pendidik Indonesia dan memiliki sekolah, najeela shihab pernah berpesan "Hal sederhana yang membuat anak sukses yaitu, orang tua yang yakin bahwa anaknya pasti berhasil dan sukses." 
Orang Tua yang memiliki keyakinan seperti ini, secara otomatis akan bisa melihat kelebihan anak-anaknya. Mampu memahami dan mendengarkan keluhan anak-anak. Sehingga anak-anak mempunyai hubungan yang baik dengan orang tua, anak-anak merasa bahwa orangtuanya adalah rumah bagi mereka. Efek sampingnya, anak-anak merasa dihargai, didukung kelebihannya dan anak-anak semakin percaya diri karena selalu diajarkan oleh orangtuanya bahwa kekurangan kita bukanlah suatu hambatan yang besar.



2. Menyadari kelebihan sekaligus potensi anak

Setelah orang tua mengetahui bakat, minat dan hobi anak-anaknya, orang tua membekali anaknya untuk mengikuti kursus, les, aktivitas outdoor ataupun indoor, yang sesuai dengan bakat dan kreativitas anak-anak. Seperti penelitian yang dilakukan oleh universitas plymouth dan exeter menemukan bahwa keterlibatan orang tua dalam pembelajaran anak mampu  menentukan prestasi akademik anak dan kemampuannya mencapai kesuksesannya dimasa depan.




3. Pola hidup seimbang dan makan-makanan yang sehat

Anak yang cerdas, bukan berarti anak yang selalu belajar 7 hari 24 jam. Tetapi seorang anak yang bahagia, bisa hidup dengan seimbang. Kita sebagai orang tua memegang peranan penting sebagai contoh untuk anak-anak bahwa kita memiliki pola hidup yang seimbang. Didalamnya berisi olahraga, makan,tidur, bersosialisasi, bekerja atau les atau kegiatan mengasah bakat lainnya. Pola hidup seimbang tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan fisik anak-anak, memiliki tidur dan aktivitas yang cukup dan seimbang juga berpengaruh kepada kecerdasan. Selain itu, pola hidup seimbang membuat anak-anak tidak mudah cemas, sehingga tidak mudah tantrum, bisa mengendalikan emosinya, sehat secara mental dan fisik. Sehingga anak lebih leluasa mengeksplorasi minat dan bakatnya.

Yang terpenting juga memberi contoh  kepada anak-anak, bahwa kita makan-makanan yang baik bukan hanya makanan yang hanya enak di dalam mulut tetapi sebenarnya tidak ada nutrisinya. Sebuah studi yang dilakukan oleh universitas erasmus medical center di Belanda. Menunjukkan fakta bahwasanya makanan dapat mempengaruhi ukuran otak. Ternyata, orang yang makan makanan sehat memiliki volume otak yang lebih besar. Mengonsumsi makanan sehat, layaknya buah, sayuran, dan lemak sehat dari ikan dan daging merah menunjukkan volume otak yang lebih besar. Selain itu, area abu-abu dan putih pada otaknya juga lebih banyak yang menunjukkan jumlah kepadatan saraf di otak. Luas area otak yang bertanggung jawab untuk memproses memori yang disebut hippocampus, juga lebih besar pada orang yang mengonsumsi makanan sehat.



4. Emosi dan cara bersosialisasi berkaitan dengan kecerdasan anak

Mengapa anak-anak harus dibekali kecerdasan emosi?. Kecerdasan emosi berpengaruh juga terhadap pertumbuhan kognitif anak-anak. Kecerdasan emosi dan kecerdasan kognitif, saling melengkapi. Kecerdasan emosi dan kognitif, sama-sama diasah dalam lingkungan akademis, keduanya merupakan soft skill.
Kecerdasan emosi berperan sangat penting dalam proses menghadapi kehidupan sosial. Elemen-elemen yang termasuk dalam kecerdasan emosi yaitu, berempati, mengontrol emosi, mengenali emosi, mampu memotivasi dirinya sendiri, bisa bernegosiasi, mampu menerima kesulitan hidup, dan bisa menerima masukan.

Anak-anak yang memiliki kecerdasan emosi yang baik, salah satunya bisa memotivasi dirinya sendiri. Dalam hal ini emosi orang tua juga sangat menentukan bagaimana anak-anak kita menghadapi emosi dirinya sendiri. Contohnya, orang tua yang tidak sabar, mudah teriak-teriak, tidak bisa menjalin komunikasi yang hangat dengan pasangannya. Hal seperti itu, juga akan sangat mudah ditiru oleh anak-anak. Anak-anak akan mudah teriak atau memukul saat merasa marah atau keinginannya tidak tercapai. Selain membekali anak-anak, bagaimana menghadapi kesulitan hidup. Kita sebagai orang tua juga harus bisa memberi contoh, bagaimana kita mengendalikan emosi, memotivasi diri sendiri, memaafkan orang lain, atau meminta maaf kepada orang lain dan kepada anak-anak.




5. Memberi bekal kecerdasan bahasa kepada anak

Membekali anak-anak dengan bekal bahasa asing ternyata berdampak positif terhadap pertumbuhan kognitif anak. Selain baik untuk pertumbuhan kognitif anak, ada banyak manfaat membekali anak dengan bahasa asing, beberapa diantaranya yaitu:

. Menurut penelitian anak-anak yang menguasai bahasa asing lebih bahagia, tidak mudah cemas, dan sedih.

. Mempelajari bahasa asing bisa membuat anak-anak lebih percaya diri, dan juga meningkatkan daya ingat sikecil. Terbiasa menghafal kosakata dalam waktu yang lama akan merangsang fungsi memori anak dan membuatnya menjadi lebih tajam.

. Belajar bahasa asing juga mempunyai dampak pada pola pikir anak, anak akan lebih rasional dalam membuat keputusan, anak akan menjadi terasah untuk membuat keputusan yang mempunyai dampak bagi dirinya sendiri dan sekitarnya. 

. Anak yang menguasai bahasa asing, umumnya akan mempunyai kreativitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak mempelajarinya. 

. Anak-anak yang belajar bahasa asing lebih mudah memecahkan masalah.

. Rentang fokus dan konsentrasi anak-anak akan meningkat.



. Saya pribadi, sebagai ibu dua anak dan profesi sebagai ibu rumah tangga, ingin sekali melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi. Karena apa?, alasannya sangat sederhana. Karena saya sudah menjadi seorang ibu, saya sebagai sekolah pertama untuk anak-anak saya. Dalam fikiran saya, kalau saya bisa lanjut ke pendidikan yang lebih tinggi, pasti saya diwajibkan untuk tes toefl yaitu untuk mengukur kemampuan bahasa inggris. Ada standar minimal skor toefl yang harus dicapai, sebagai syarat mendaftar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Kalau saya lanjut pendidikan yang lebih tinggi. Berarti otomatis kemampuan bahasa inggris saya akan meningkat. Saya membayangkan, begitu bahagianya bisa jadi seorang ibu yang fasih berbahasa inggris, anak-anak cukup belajar di rumah dengan saya untuk bekal bahasa inggris mereka.

Kendati saya, belum bisa lanjut pendidikan yang lebih tinggi, saya tidak berkecil hati. Karena saya mengetahui platform cakap kids academy yaitu kursus bahasa asing anak, yang akan membimbing anak-anak saya untuk fasih dalam berbahasa inggris. 



Kenapa saya berfikir, bahasa inggris adalah hal yang sangat penting, untuk dibekalkan kepada anak-anak. Bahasa inggris jadi bekal penting untuk anak-anak di era globalisasi seperti sekarang. 

Mempunyai kemampuan berbahasa inggris, berarti anak-anak mempunyai salah satu syarat untuk menempuh pendidikan di luar negeri. Mencari ilmu diluar negeri, biasanya saat anak-anak lepas SMA, tetapi hal ini bisa berbeda-beda di masing-masing keluarga.
Jika saya sudah membekali bahasa inggris kepada anak-anak, berarti anak saya punya salah satu syarat untuk belajar di luar negeri. Butuh memang belajar diluar negeri atau hanya pertukaran mahasiswa dengan negara lain, untuk menambah wawasan, pengetahuan, dan kecerdasan anak-anak.

Selanjutnya bekal bahasa inggris juga dibutuhkan untuk mencari beasiswa, bekal bahasa inggris ini bukan hanya sebagai syarat formalitas untuk mendapatkan beasiswa. Tetapi penyelenggara beasiswa, pasti meminta timbal balik dari beasiswa yang sudah diberikan baik itu berupa ide, temuan teknologi baru, atau pengabdian untuk negara. Tentu untuk mencapai hal tersebut dibutuhkan pemikiran cerdas yang membutuhkan salah satunya bekal bahasa inggris.

Sudah menjadi rahasia umum, bahasa inggris juga dibutuhkan untuk melamar kerja. Generasi sekarang yang suka dengan pekerjaan freelance dari luar negeri dengan gaji dollar. Tentu salah satu syaratnya harus menguasai bahasa inggris.



Beberapa Upaya untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anak-anak
. Membaca buku anak-anak berbahasa inggris menjadi salah satu kegiatan favorit yang saya lakukan bersama anak-anak. Menambah kemampuan dan kosakata bahasa inggris anak-anak, sekaligus membangun bonding dengan anak-anak.

. cakap kids academy
Upaya saya yang kedua yaitu, mendownload aplikasi belajar bahasa Inggris cakap. Aplikasi cakap juga menyediakan platform khusus untuk belajar bahasa inggris sikecil yang bernama Cakap Kids Academy.
Pembelajaran di cakap kids academy sangat Interaktif dan menyenangkan, mengeksplorasi motorik dan kognitif anak-anak disetiap pembelajaran. Belajar bahasa inggris dengan bermain. Pembelajaran bersifat progresif, disusun secara metodis dari satu ketrampilan ke ketrampilan berikutnya. Menggunakan metode expert yaitu explore-practice-certify. Dijamin anak-anak tidak akan bosan, jika metode belajarnya seperti ini. Cakap kids academy membuka kelas secara online dan offline, tempat belajar offlinenya berada di Jakarta Barat dan Tangerang, dan akan menambah kelas offline di beberapa kota di Indonesia. Sesuaikan dengan jadwal harian kalian, untuk menentukan kelas online atau offline yang kita pilih.



Cakap kids academy menggunakan pembelajaran secara mendalam, sehingga murid fasih berbahasa inggris. Untuk bisa fasih, tentu kemampuan masing-masing anak berbeda-beda. Jangka waktu untuk fasih berbahasa inggris juga tidak sama, pelan tapi pasti kognitif dan motorik yang dilatih secara terus menerus, akan semakin meningkatkan memori dan daya ingat anak, sehingga anak cepat fasih berbahasa inggris.

Bebas khawatir belajar bahasa inggris dengan cakap. Karena cakap kids academy, juga menyediakan bimbingan akademik untuk membantu anak-anak mengerjakan tugas sekolah yang berkaitan dengan bahasa inggris. 


Menemukan Kebahagiaan belajar dengan cakap kids academy. Karena cakap kids academy juga memantau progress belajar anak-anak dengan mengadakan pertemuan antara orang tua dan guru. Orang Tua juga bisa membaca platform cakap, karena ada begitu banyak referensi meningkatkan bonding orang tua dengan anak, tidak hanya terkait dengan kognitif anak. Tetapi juga terkait dengan parenting, ide mengisi hari libur, hobi sederhana yang bisa dilakukan di rumah dengan anak dan orang tua, referensi buku atau film yang bisa dilihat bersama orang tua dan anak, dan masih banyak ide menarik lainnya.





Pendidik cakap kids academy berkualitas, berpengalaman mengajar selama 5 tahun, mempunyai sertifikat fasih berbahasa inggris, seperti toec, tesol, tesl, dan lain-lain. Selain itu, pendidik cakap kids academy juga mempunyai soft skill, mengajar dengan cara fun, mempunyai trik jitu fasih berbahasa inggris, dan pastinya pengajar cakap kids academy mempunyai aura ngangenin, supaya kita ingin bertemu lagi untuk belajar bahasa inggris dengan pengajar cakap.

Untuk biaya cukup mengeluarkan 10ribu rupiah, orangtua sudah bisa melakukan test level anak-anak di cakap kids academy, nantinya test level ini akan menentukan tingkatan belajar bahasa inggris anak-anak.


            Rekor muri
aplikasi cakap mendapatkan rekor muri, sebagai belajar bahasa 2  arah pertama di Indonesia.


    Tersebar di 96 kota




4juta murid yang tersebar 

Kesimpulan
Anak-anak lahir dan tumbuh dengan sangat alamiah, fitrahnya anak-anak untuk diajarkan hal-hal baik, maka mereka akan cepat mengerti. Begitu juga jika anak-anak diajarkan tentang hal buruk, mereka juga bisa dengan cepat menangkap hal tersebut. Mengutip dari dokter spesialis anak dr.Mesty, yaitu dunia anak-anak  hanya berisi tentang bermain, makan, dan tidur. Walaupun seperti itu, bukan berarti kita tidak mengajarkan apapun kepada anak-anak. Tetapi ajarilah anak-anak dengan cara yang menyenangkan, ajak anak belajar seperti bermain. Maka kognitif, motorik, dan kecerdasan anak akan bekerja dengan baik menangkap semua pembelajaran. Otak anak-anak sangat mudah untuk dibuat mengingat. Terlebih lagi, mengingat bahasa baru yang diajarkan dengan cara menyenangkan. Dimana lagi tempat belajar bahasa inggris yang menyenangkan?. Ada di gawai kita, cukup download Cakap dan masukkan kode referral berikut ROSCKPSNFWZ0E. Selamat belajar dan bermain.





Sumber :
https://pip.unpad.ac.id/postdetail/Ternyata-Kecerdasan-Emosional-Memegang-Peran-Penting-dalam-Kesuksesan-Seseorang

https://www.halodoc.com/artikel/5-manfaat-belajar-bahasa-asing-untuk-anak

https://www.fimela.com/parenting/read/4607892/menurut-penelitian-anak-sukses-punya-
orangtua-yang-sering-lakukan-ini

Canva

https://www.halodoc.com/artikel/makanan-pengaruhi-ukuran-otak-benarkah

https://pip.unpad.ac.id/postdetail/Ternyata-Kecerdasan-Emosional-Memegang-Peran-Penting-dalam-Kesuksesan-Seseorang

https://www.chegg.com/homework-help/questions-and-answers/best-similarity-emotional-intelligence-cognitive-intelligence-select-answer-options-honed-

Web cakap kids academy

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Education is first step, for creating sustainable technology

Bisnis barang bekas jadi satset pakai kiriminaja

Membangun kebahagiaan keluarga dengan petualangan oreo wafer